Inilah 13 Jenis Virus Komputer Beserta Penjelasannya

Blog KitaVirus komputer adalah sebuah program perangkat lunak berbahaya yang ditulis dengan sengaja untuk memasuki komputer tanpa izin atau tanpa spengetahuan pengguna. Beberapa virus melakukan sedikit kerusakan, sementara yang lain dapat menyebabkan kerusakan parah atau mempengaruhi kinerja program dan sistem. Pada umumnya Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.Beberapa virus melakukan sedikit kerusakan, sementara yang lain dapat menyebabkan kerusakan parah atau mempengaruhi kinerja program dan sistem. 

jenis jenis-virus komputer beserta penjelasannya lengkap
Jenis - Jenis Virus Beserta Penjelasannya

Berikut 13 Jenis Virus Komputer Beserta Penjelasannya

1. Virus compiler, virus yang telah di compile hingga bisa dieksekusi segera. ini yaitu virus yang pertama kali nampak didunia komputer, serta alami perubahan cepat saat ini. virus pertama ini amatlah sukar dibasmi dikarenakan dibikin dengan bhs rendah, assembler. memanglah bhs ini pas untuk bikin virus tetapi amatlah sulit memakainya. keunggulan dari virus ini yaitu dapat lakukan nyaris seluruh manipulasi yang mana perihal ini tidak senantiasa bisa dikerjakan oleh virus jenis lain dikarenakan lebih terbatas. 

2. Virus file, yaitu virus yang memakai file yang bisa diijalankan/dieksekusi dengan segera. umumnya file *. exe atau *. com. namun dapat juga menginfeksi file *. sys, *. drv, *. bin, *. ovl serta *. ovy. jenis virus ini bisa beralih dari satu media ke seluruh jenis media penyimpanan serta menyebar didalam sesuatu jaringan. 

3. Virus sistem, atau lebih dikenal sebagai virus boot. mengapa demikian dikarenakan virus ini memakai file-file yang digunakan untuk bikin satu sistem komputer. kerap ada di disket/tempat  penyimpanan tanpa sepengetahuan kita. waktu dapat menggunakan komputer( restart ), maka virus ini dapat menginfeksi master boot sector serta system boot sector bila disket yang terinfeksi ada di drive disket/tempat penyimpanan. 

4. Virus boot sector, virus yang memakai hubungan antar komputer serta area penyimpanan untuk penyebaran virus. jika pada boot sector ada satu program yang dapat menyebarkan diri serta dapat tinggal di memory sepanjang komputer bekerja, maka program tersebut bisa dimaksud virus. virus boot sector terbagi dua yakni virus yang menyerang disket serta virus yang menyerang disket serta tabel partisi. 

5. Virus dropper, satu program yang dimodifikasi untuk menginstal sesuatu virus komputer sebagai target serangan. sesudah terinstal, maka virus dapat menyebar namun dropper tidak turut menyebar. dropper dapat berbentuk nama file layaknya readme. exe atau melewati command. com sebagai aktif saat program jalan. satu program dropper dapat ada sebagian jenis virus. 

6. Virus script/batch, awalannya virus ini populer dengan nama virus batch layaknya yang dulu ada di file batch yang ada di dos. virus script umumnya kerap didapat dari internet dikarenakan kelebihannya yang fleksibel serta dapat jalan pada waktu kita bermain internet, virus jenis ini umumnya menumpang pada file html ( hype text markup language ) dibikin gunakan sarana script layaknya javascript, vbscript, 4 ataupun paduan pada script yang mengaktifkan program active-x dari microsoft internet explorer. 

7. Virus macro, virus yang dibikin memanfaatkan sarana pemrograman modular pada satu program aplikasi layaknya ms word, ms excel, corel wordperfect dan seterusnya. meskipun virus ini ada di dalam aplikasi spesifik namun bahaya yang diakibatkan tidak kalah berbahanya dari virus-virus yang lain. 

8. Virus polymorphic, bisa dikatakan virus cerdas dikarenakan virus bisa merubah strukturnya sesudah melaksanakan tugas hingga sukar dideteksi oleh antivirus. 

9. Virus stealth, virus ini menggunakan cara cerdik, yaitu memodifikasi susunan file untuk meyembunyikan kode program tambahan didalamnya. kode ini sangat mungkin virus ini bisa menyembunyika diri. seluruh jenis virus lain juga memakai kode ini. ukuran-ukuran file tidak beralih sesudah virus menginfeksi file. 

10. Virus companion, virus jenis ini melacak file *. exe untuk bikin sesuatu file *. com serta menyalin untuk letakkan virus. alasannya, file *. com jalan sebelum saat file *. exe. 

11. Worm, ini yaitu sesuatu program yang berbentuk parasit dikarenakan bisa menduplikasi diri. walau demikian, worm tidak menyerupai virus dikarenakan tidak menginfeksi program komputer yang lain. oleh dikarenakan itu, worm tidak digolongkan ke didalam virus. mainframe yaitu jenis komputer yang kerap terserang worm. penyebarannya pada komputer yang lain melewati jaringan. didalam perubahannya worm alami “mutasi genetik” hingga tak hanya bikin satu file baru, ia lalu dapat berupaya tempelkan dirinya sendiri ke satu file, ini biasa dimaksud virus hybrid. 

12. Virus hybrid, virus ini adalah virus yang memiliki dua kekuatan umumnya bisa masuk ke boot sector serta juga bisa masuk ke file. di antara contoh virus ini yaitu virus mystic yang dibikin di indonesia. 

13. Trojan Horse, dimaksud juga kuda troya. trojan horse tidak menyebar layaknya yang lain. dikarenakan itu, trojan horse tidak tergolong virus meskipun cii-ciriistiknya sama. trojan menginfeksi komputer melewati file yang kelihatannya tidak beresiko serta umumnya justru tampaknya lakukan suatu hal yang bermanfaat. tetapi selanjutnya virus jadi beresiko, contohnya lakukan format hardisk.

Sekian Postingan mengenai  Jenis - Jenis Virus Komputer Beserta Penjelasannya , Semoga bermanfaat bagi para pengunjung Blog Diajarngweb jika ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kotak komentar dibawah.

Follow Blog Kita dan Like FansPage Diajarngweb serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih
Inilah 13 Jenis Virus Komputer Beserta Penjelasannya Inilah 13 Jenis Virus Komputer Beserta Penjelasannya Reviewed by Agung Perdana Gumelar on 18:59 Rating: 5

No comments:

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming.!!
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara.!!
3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung Ane Masukan Spam.!!

Thanks bro salam blogger GO-BLOG

arsip blog